semua tentang ibu hamil

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

loading...

loading...
Anda sedang hamil? Sudahkah anda memiliki daftar perlengkapan buah hati anda? Siapkan semuanya dari sekarang dan pilihlah perlengkapan bayi yang aman untuk anak anda. Dalam artikel saya kali ini saya akan memberi tips bagaimana calon bunda dan ayah membeli perlengkapan bayi yang aman dan nyaman untuk sang buah hati. 

Bagi para ibu hamil membuat daftar perlengkapan bayi sangatlah mengasyikkan tetapi dengan beragamnya jenis perlengakapan bayi terkadang membuat calon orang tua bingung memilih perlengkapan untuk sang bayi. Apalagi jika memilah yang bukan hanya Anda butuhkan tetapi perlengkapan apa yang aman bagi bayi anda itu merupakan salah satu tugas yang berat. 


Apapun yang akhirnya anda beli yang terpenting perlengkapan tersebut aman dan nyaman untuk bayi anda karena banyak kasus yang terjadi pada bayi cedera akibat produk bayi. Pada faktanya di tahun 1986 US Consumer Product Safety Commision melaporkan sekitar 57.800 bayi cidera akibat produk bayi yang sering kita temui pada umumnya seperti kereta untuk belajar berjalan. 

Lalu, bagaimana caranya agar sang orang tua tahu produk apa yang aman untuk bayi? Salah satu organisasi produsen perlengkapan bayi ternama The Juvenile Products Manufacturers Association membuat program sukarela pengesahan produk bayi, maksudnya suatu produk bayi akan disahkan apabila memenuhi standar keamanan minimal yang dikembangkan oleh The American Society for Testing and Materials (ASTM). Berikut akan saya paparkan daftar perlengkapan bayi yang harus anda persiapkan:

Popok
Kain popok sebanyak 4 lusin.
Peniti 4 biji. 
Celana kedap air atau pelapis popok sebanyak 3 pasang.

Pakaian
T shirt ukuran bayi 6 bulan sebanyak 6 sampai 8 .
Baju tidur sebanyak 4.
Sarung tangan bayi.
Kaos kaki bayi.
Bedong yang aman untuk bayi. 

Tips: 
o Beli pakaian yang utama saja, dan jangan terlalu banyak karena anda akan mendapatkan banyak hadiah baju bayi dari kerabat anda terutama dari nenek dan kakek untuk calon cucu. 

o Pilih bahan pakaian untuk bayi yang terbuat dari katun, karena katun adalah bahan yang paling nyaman untuk bayi. Banyak bayi yang mengalami iritasi karena memakai bahan sintetis.

o Beli pakaian yang aman dan nyaman. Mungkin manik-manik dan kancing pada rajutan yang ketat terlihat menarik untuk anda tapi apakah anda dapat menjamin bahwa benda itu aman dan nyaman untuk bayi anda? Hindari memilih kancing biasa, tetapi pergunakanlah kancing tekan. Selain itu, berhati hatilah dengan benang yang berada di pinggiran sebab bisa saja sewaktu-waktu menyangkut di jari tangan atau mungkin di jari kaki bayi anda. 

Perlengkapan Kamar Tidur
Box yang diletakkan berdampingan dengan tempat tidur orang tua.
Meja untuk mengganti pakaian bayi.
Kursi goyang.
Tempat penyimpanan baju.

Perlengkapan Tempat Tidur
Tempat tidur bayi
Bantal pengaman
Perlak tahan air 4 helai
Seprei
Selimut sebagai penghangat bayi
Mainan penghibur yang aman untuk bayi Anda
         
Perlengkapan Mandi
Bola-bola kapas
Krim popok yang mengandung oksida seng
Alat pelega napas 
Termometer digital 
Handuk yang lembut dan bahan yang mudah menyerap keringat 
Minyak telon untuk bayi sebagai penghangat tubuh jika selesai mandi 

Perlengkapan Menyusui (Botol)
Botol plastik ukuran 8 ons 
Botol plastik ukuran 4 ons 
Dot, tutup botol serta sikat botol untuk membersihkan 

Perlengkapan Menyusui (ASI)
Botol plastik ukuran 4 ons untuk ASI yang dipompa 
Dot, tutup botol serta sikat botol untuk membersihkan 

Itulah beberapa rincian daftar perlengkapan bayi yang harus anda persiapkan dari jauh-jauh hari. Mulailah membeli perlengkapan bayi satu per satu sebelum hari kelahiran anda, dan ingat anda harus mengutamakan perlengkapan yang lebih penting. Selamat berbelanja untuk sang bayi........

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

0 komentar: