Kapan Ibu Hamil di Anjurkan Minum Air Kelapa Muda

loading...
Bagi para ibu hamil pasti sangat dianjurkan oleh dokter meminum air kelapa. Tapi apa sebenarnya manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Dan pada usia berapa ibu hamil meminum air kelapa muda? Dari pertanyaan ini sebenarnya meminum air kelapa ataupun tidak boleh-boleh saja. 

Akan tetapi, air kelapa memang mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil. Hanya saja, ada mitos yang mengatakan bahwa meminum air kelapa muda bagi ibu hamil bisa mengakibatkan janin dalam kandungan cacat atau bermasalah sehingga membuat para ibu sedikit was-was terhadap air kelapa muda. 

Kapan Ibu Hamil di Anjurkan Minum Air Kelapa Muda

Padahal, faktanya air kelapa muda mempunyai beberapa manfaat untuk ibu hamil. Tetapi, ingat meminum air kelapa yang berlebihan juga tidak bagus karen bisa membuat perut kembung jadi minum air kelapa sewajarnya dan seperlunya saja.

Lalu, kapankah ibu hamil meminum air kelapa? 
Sebenarnya banyak pendapat mengenai kapan ibu hamil boleh meminum air kelapa ada yang mengatakan kehamilan 3 bulan sudah boleh meminum air kelapa tetapi, biasanya dokter menganjurkan meminum air kelapa muda pada saat usia kandungan 6 bulan atau di atas 6 bulan dan hanya diperbolehkan meminum seminggu hanya 1-2 air kelapa saja. 

Dan kelapa apakah yang boleh diminum ibu hamil? Menurut hasil penelitian dan riset air kelapa yang baik untuk diminum oleh ibu hamil adalah air kelapa hijau. Karena air kelapa hijau mempunyai kandungan antioksidan serta elektrolit  yang baik untuk ibu hamil. 

Nah, jika tadi saya memaparkan waktu ibu hamil meminum air kelapa berikutnya, saya akan memaparkan manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil 
Ada banyak manfaat yang dirasakan ibu hamil setelah meminum air kelapa muda. Beberapa diantaranya adalah:

Zat Elektrolit yang Alami untuk Ibu Hamil
Kondisi kehamilan yang semakin membesar membuat para ibu hamil mudah lelah karena salah satu penyebabnya adalah banyaknya cairan tubuh yang terbuang dan tak sebanding dengan jumlah yang dipasoknya sehingga, ibu hamil rentan mengalami dehidrasi. 

Dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan sakit kepala , demam, keram dan kejang otot. Di dalam air kelapa muda mempunyai banyak kandungan zat salah satunya zat elektrolit. Cairan elektrolit yang mirip dengan kandungan cairan yang ada di dalam tubuh kita dapat menggantikan kandungan cairan yang hilang dalam tubuh ibu hamil. 

Memperlancar Sistem Pencernaan
Pada saat kehamilan biasanya fungsi sistem pencernaan akan mengalami gangguan salah satunya hormon progesteron yang dihasilkan oleh placenta yang dapat memperlambat kinerja lambung sehingga pencernaan menjadi lambat. Dengan meminum air kelapa maka, dapat membantu meningkatkan fungsi dan memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan Diuretik Alami dalam Air Kelapa Muda
Khasiat air kelapa muda mempunyai fungsi diuretik yang sifatnya steril sehingga aman diminum bagi ibu hamil. Kandungan diuretik pada air kelapa muda berkhasiat untuk melancarkan proses pembuangan urin, membantu membersihkan saluran kemih, dan dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Meningkatkan Kadar HDL
Apa itu HDL?? HDL yaitu singkatan dari High Density Lipoprotein atau yang lebih dikenal dengan kolestrol baik, kolestrol HDL ini berfungsi membersihkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolestrol jahat dari darah, sehingga menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Salah satu gangguan kehamilan pada ibu hamil disebabkan karena memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi maka, sangat disarankan untuk ibu hamil agar mengkonsumsi air kelapa muda yang banyak mengandung HDL.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Di dalam air kelapa muda terkandung senyawa yang disebut dengan asam laurat. Asam laurat ini dapat berfungsi membantu melawan dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Selain itu, asam laurat sendiri memiliki kesamaan dengan ASI artinya, kesamaan sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur. 
Nah demikian lah informasi yang saya berikan semoga bermanfaat untuk ibu hamil dengan informasi yang saya berikan ini semoga ibu hamil tidak perlu khawatir lagi dengan mitos yang beredar di masyarakat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan Ibu Hamil di Anjurkan Minum Air Kelapa Muda"

loading...