semua tentang ibu hamil

Pentingnya Minum Susu Untuk Ibu Hamil dan Janin

loading...

loading...
Bagi ibu hamil asupan gizi sangatlah penting bukan hanya untuk ibu tetapi juga untuk sang cabang bayi. Dan susu merupakan salah satu asupan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil ini dikarenakan susu mengandung kalsium yang sangat bermanfaat bagi janin dan sang ibu. 

Pentingnya Minum Susu Bagi Ibu Hamil 
Ibu hamil yang terbiasa meminum susu terbukti ketika saat remaja anak-anak mereka memiliki tubuh yang tinggi bukti ini ditemukan dalam sebuah penelitian dengan sampel bayi yang lahir pada tahun 1980-an. 

Kapan Ibu Hamil Mulai Minum Susu

Penelitian lain juga menemukan bahwa bayi yang baru lahir dari ibu yang sering mengkonsumsi susu lebih dari 150 ml setiap harinya memiliki kandungan insulin yang lebih tinggi dalam darahnya. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab mengatur kadar glukosa darah sebagai bagian dari metabolisme tubuh. 

Berdasarkan United States Departement of Agriculture ibu hamil disarankan meminum susu sebanyak 3 gelas per harinya ini gunanya agar kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D nya terpenuhi. Sebuah studi pada tahun 2011 dalam Annals of Neurology  menemukan bahwa vitamin D saat kehamilan dapat mengurangi resiko multiple sclerosis pada anak. 

Jika anda selama kehamilan kekurangan protein maka akan menyebabkan berat badan pada janin anda menurun nah, dengan mengkonsumsi susu yang kaya akan protein rahim anda akan kuat dan sirkulasi darah anda lancar. Dan satu lagi protein dapat menyehatkan payudara anda ketika nanti anda menyusui.

Selain mengandung kalsium susu ibu hamil juga mengandung asam amino tryptophan yang merupakan prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Untuk ibu hamil yang ingin mengkonsumsi susu perhatikanlah kandungan yang terdapat dalam susu. 

Pada kehamilan trimester pertama sebaiknya minum susu dengan kandungan vitamin B6 gunanya untuk mengatasi morning sickness. Trimester kedua dan ketiga, konsumsilah susu hamil yang mengandung zat besi ini sangat diperlukan untuk ibu hamil agar tidak terkena anemia.  

Untuk ibu hamil yang berusia 24 tahun ke atas perlu mendapatkan kandungan 1200 miligram kalsium perharinya. Sedangkan untuk ibu hamil yang usianya lebih muda dari 24 tahun perlu mendapatkan kalsium sebanyak 1500 miligram. Susu rata rata mengandung 276 miligram kalsium per cangkir sehingga, sangat bermanfaat untuk ibu hamil. 

Yang terpenting susu yang dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu susu yang sudah dipasteurisasi. Apa sih pasteurisasi itu? Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan suatu produksi yang bertujuan agar membunuh organisme yang merugikan seperti, bakteri, protozoa dan lain lain. 

Oleh karena itu sebelum ibu meminum susu perhatikan dulu labelnya apakah susu tersebut sudah dipasteurisasi atau belum. Jika belum maka sebaiknya sebelum diminum susu tersebut direbus terlebih dahulu. 

Wanita hamil dilarang untuk meminum susu kambing ataupun domba yang belum dipasteurisasi ini dikarenakan susu yang belum dipasteurisasi mengandung Listeria yaitu, suatu bakteri yang dapat menyebabkan keguguran atau sakit yang parah ketika bayi anda lahir. 

Setelah saya paparkan kandungan yang terdapat dalam susu ibu hamil tak kalah pentingnya dengan kandungan susu yaitu, mengenai rasanya. Ya, pastinya rasa yang enak dan sebab ibu hamil seringkali mengalami mual jadi, jika rasanya tidak enak atau rasanya tidak sesuai dengan selera si bumil maka, susu akan terbuang dan tidak ada manfaatnya. 

Susu hanyalah sebuah suplemen untuk pemenuhan nutrisi yang paling utama. Ingat, jika kebutuhan gizi anda terpenuhi maka, jangan terlalu banyak konsumsi susu. Tidak baik juga apabila mengkonsumsi susu berlebihan.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pentingnya Minum Susu Untuk Ibu Hamil dan Janin

0 komentar: