semua tentang ibu hamil

Rasa Gatal Pada Ibu Hamil Tua dan Tips Mengatasinya

loading...

loading...
Saat hamil banyak sekali hal-hal baru yang terjadi. Apalagi pada kehamilan pertama. Anda sering bertanya-tanya, apa memang biasanya begini? Apakah hal ini wajar?. Saat hamil ibu hamil lebih banyak mengalami keluhan, seperti lebih mudah lelah, sering pusing, mual di pagi hari, pegantian emosi yang tidak menentu, rasa gatal yang sering terjadi dan lain-lain. Yang akan dibahas kali ini adalah tentang rasa gatal tanpa ruam yang biasanya terjadi pada ibu hamil, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya. 

Penyebab rasa gatal tanpa ruam pada ibu hamil tua :
  1. Adanya peningkatan suplai darah ke kulit.
  2. Semakin membesarnya janin, semakin meregang pula kulit perut dan tertarikkeluar sehingga menimbulkan rasa gatal.
  3. Jika gatalnya dirasa sangat parah, penyebabnya adalah suatu kondisi hati yang disebut sebagai kolestasis obstetric. Yang dimaksud kolestasis obstetric adalah gangguan hati yang serius yang terjadi pada saat usia kehamilan minimal 4 bulan, garam empedu tidak mengalir dengan baik karena adanya sumbatan. Garam empedu yang mengandung bilirubin akan menyebar ke aliran darah dan menyebabkan rasa gatal yang parah.
  4. Kulit kering dan mulai tumbuh jamur
  5. Mengalami eksim, atau kondisi medis pada kulit yang umum terjadi. Bisa saja ini adalah kali pertama anda menderita eksim.
  6. Iritasi kulit akibat infeksi jamur.
  7. Meningkatnya hormon estrogen selama kehamilan.


Tips Dan Cara Untuk Mengatasi Gatal Pada Ibu Hamil Tua : 

Rasa Gatal Pada Ibu Hamil Tua dan Tips Mengatasinya

Kenali dan bedakan Antara gatal ringan dan gatal serius
Sebelum memulai pengobatan pada rasa gatal anda harus bisa membedakan mana gatal yang ringan dan gatal yang serius. Gatal ringan adalah gatal yang tidak terlalu parah dan bisa dihilangkan dengan langkah ringan. Sedangkan gatal serius biasanya makin parah ketika malam hari. Gatal yang serius juga ditandai dengan warna tinja yang berwarna pucat dan warna urine menjadi gelap.

Hindari suhu panas
Usahakan untuk tidak mandi menggunakan air panas, jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung, atau memakai baju-baju yang akan membuatmu kegerahan. Semakin banyak keringat yang keluar dan semakin panas suhu tubuh anda, maka anda akan lebih sering merasakan rasa gatal. Disamping itu rasa panas yang berlebihan juga tidak baik untuk janin.

Hindari produk yang menyebabkan rasa gatal
Hindari produk pembersih yang banyak mengandung parfum dan detergen, karena bisa membuat kulit terasa kering dan menyebabkan iritasi. Untuk lebih baiknya gunakan sabun cair yang lembut yang bisa melembapkan kulit dan disertai dengan kandungan pH yang seimbang.

Oleskan lotion atau krim anti gatal
Jika anda merasakan gatal yang terasa agak mengganggu, oleskan saja lotion atau krim yang akan mengurangi rasa gatal anda. Lotion lebih dianjurkan, karena lotion lebih aman bagi ibu hamil. Atau bisa juga menggunakan bedak anti gatal yang sudah banyak di jual di toko-toko dan apotek terdekat.

Gunakan pelembap
Ketika anda merasa suhu tubuh anda mulai naik cobalah untuk menggunakan pelembap kulit di bagian yang biasanya merasa gatal. Oleskan merata agar kulit kembali lembap dan tidak terasa gatal.

Gunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat
Jangan gunakan pakaian tebal saat hamil, karena suhu tubuh akan mudah naik. Gunakan pakaian tipis yang bisa menyerap keringat sehingga anda tidak begitu merasakan hawa panas yang menyerang.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta air putih.
Buah dan sayuran mengandung banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan juga janin. Perbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan E agar kulit tetap lembap, dan jangan lupa juga perbanyak minum air putih yang juga berkhasiat melembapkan kulit dan menyehatkan ibu dan janinnya.

Krim khusus eksim
Jika gatal yang anda rasakan sedikit parah dan tidak tertahankan, lebih baik anda konsultasikan dengan dokter kandungan, krim gatal apa yang bisa menyembuhkan eksim dan aman untuk janin. 

Mengonsumsi obat yang mengurangi garam empedu
Untuk ibu hamil yang menderita gatal yang serius, ibu hamil bisa mengonsumsi obat yang bisa mengurangi garam empedu. Untuk lebih amannya, kosultasikan dulu dengan dokter kehamilan anda. Karena, sampai saat ini belum diketahui apakah obat tersebut aman atau tidak dikonsumsi untuk ibu hamil. 

Mengonsumsi suplemen vitamin K
Vitamin K berguna untuk pembekuan darah. Suplemen vitamin K dierlukan karena gatal yang serius dapat mempengaruji penyerapan vitamin K.

Itulah tadi penyebab dan cara mengatasi rasa gatal yang dialami oleh ibu yang hamil tua. Jika anda mendeteksi ada tanda-tanda gatal yang serius segeralah konsultasikan dengan dokter anda, semakin cepat diobati maka semakin baik. Gatal yang dialami oleh ibu hamil dapat berakibat fatal kalau sudah masuk dalam tahap serius.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rasa Gatal Pada Ibu Hamil Tua dan Tips Mengatasinya

0 komentar: