semua tentang ibu hamil

Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek Anak Secara Alami

loading...

loading...
Batuk dan pilek adalah dua penyakit yang sering melanda, bahkan biasanya mereka datang secara bersamaan. Tak mengenal waktu, tempat bahkan usia. Banyak gejala ataupun sebab terjangkit nya penyakit ini, memang sih hanya batuk dan pilek namun apa yang terjadi bila batu pilek ini dialami orang anak-anak. 

Beberapa anak tidak bisa mengungkapkan sakit yang dirasakan, bisa dibayangkan bagaimana sengsara nya mereka. Kita saja yang sudah dewasa ketika batuk dan pilek melanda, rasanya pasti sangat gelisah. 

Bernafas susah, dada dan tenggorokan sakit akibat batuk, belum lagi kepala pening karena pilek, mungki mudah bagi kita saat mengalami batuk dan pilek cukup  istirahat teratur dan meminum obat secara rutin. 

Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek Anak Secara Alami

Namun bagaimana jika anak-anak yang dilanda batuk dan pilek ini, terkadang anak-anak menjadi lemas, rewel, hilang nafsu makan, bahkan banyak anak kecil yang benci dengan obat. 

Lantas? Langkah pertama yang harus kita ketahui adalah penyebab mengapa anak kecil terjangkir batuk dan pilek? Karena berbagai macam sebab bisa mengakibatkan batuk dan pilek. Karena pada dasarnya batuk dan pilek ini adalah virus yang gampang sekali menular jika kondisi tubuh kita kurang baik. Jadi yang pertama adalah 

1. Istirahat yang cukup
Anak kecil yang terlalu padat aktivitasnya juga perku diperhatikan waktu istirahatnya, belum lagi jika disekolah atau tempat bermain dia bertemu dan kontak langsung dengan salah satu temannya yang juga terjangkit batuk dan pilek. Jadi, sangat dianjurkan ketika beberapa gejala batuk dan pilek sudah terlihat lebih baik suruh anak-anak untuk beristirahat lebih banyak.

2. Makanan sehat seperti buah dan sayur 
Makanan yang sehat dapat membuat tubuh kita lebih kuat pastinya, lebih kuat dari serangan penyakit. Saat disekolah mungkin kita tidak dapat mengontrol makanan apa yang dibeli oleh anak-anak, namun untuk mencegah batuk dan pilek lebih awal mungkin bisa membawakan bekal kepada anak-anak agar gizi pada makanan lebih terjamin. 

3. Meminum madu dan kunyit 
Madu dan kunyit memang sudah terkenal didunia pengobatan, banyak sekali manfaat dari keduanya. Bahkan madu dan kunyit ini bisa meredakan batuk dan pilek pada anak-anak, dengan cara meminumnya akan membuat lender sedikit lebih banyak dan ketika lender semakin banyak dan bisa dikeluarkan maka batuk akan reda secara perlahan, dan hidungpun tidak akan tersumbat lebih lama lagi. 

Caranya parut kunyit dan ambil perasan dari ekstrak kunyit tersebut kemudian campur dengan madu dan berikan satu sendok makan sekali minum kepada anak. Lakukan secara rutin sampai batuk dan pilek mulai berkurang. 

4. Menggosok badan dengan minyak dan bawang merah 
Mengobati tidak hanya dari dalam, namun bisa juga dari luar. Saat anak-anak mengalami batuk dan pilek, pasti kondisi tubuh nya sangat tidak stabil, biasanya tubuh anak-anak butuh dengan kehangatan. Saat tidur bisa juga dengan menggunakan pakaian yang tebal. Atau bisa dengan menggosokan minyak telon/kayu putih dengan irisan bawah merah agar seluruh badan anak menjadi hangat. Tanpa banyak yang mengetahui, aroma bawang yang dihirup anak bisa mengeluarkan lender dan membersihkan hidung.

Itulah beberapa langkah awal yang sangat mudah dilakukan jika anak terjangkit batuk dan pilek. Yang pertama tetap kenali dulu sebab dan akibatnya. Yang pasti jangan panik, dan jika batuk dan pilek masih berkelanjutan jangan lupa untuk membawa nya ke dokter.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek Anak Secara Alami

0 komentar: