semua tentang ibu hamil

Apakah Tidur Pagi Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Memang benar, saat hamil anda akan merasa lemas, lesu dan lebih malas dari saat belum hamil. Tapi ini bukan alasan untuk anda tidur pagi di bawah jam 9 pagi. Anda boleh istirahat ketika sedang beraktivitas, malahan itu dianjurkan, yang tidak diperbolehkan adalah tidur paginya. Apa sebabnya?


Insomnia akut
Jika ibu hamil tidur pada pagi hari, ibu hamil akan kekurangan waktu yang berkualitas untuk istirahat. Banyak ibu hamil yang mengeluhkan susah tidur saat malam, atau tidur terlalu larut malam akibat pagi harinya terlalu banyak tidur. 

Jika ibu hamil kekurangan waktu istirahat pada malam harinya, esok harinya badannya akan lebih terasa lelah dan lesu. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk membuat jadwal istirahat teratur setiap harinya. Berapa porsi yang bisa digunakan untuk bekerja, dan berapa porsi yang harus digunakan untuk istirahat.

Apakah Tidur Pagi Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Gangguan metabolisme
Tidur pagi juga mengganggu system metabolism tubuh ibu hamil. Karena tidak dipakai bekerja jadi yang akan dirasakan adalah rasa lapar yang berkepanjangan. Ibu hamil akan terus-terusan merasa lapar dan banyak sekali makan daripada yang seharunya. 

Kurang minum air putih dan terlalu banyak makan tentu saja tidak baik bagi ibu hamil . Meskipun banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, tidak berarti mereka bisa makan seenaknya. Ibu hamil juga harus mengatur pola makan yang sehat untuk kesehatan ibu dan janinnya. 

Sakit kepala
Tidur pagi bagi ibu hamil bisa berakibat fatal juga. Pasalnya, ketika ibu hamil tidur pagi cairan serebrospinal bisa bergerak ke otak dan menumpuk disana. Jika benar menumpuk, ibu hamil akan merasakan sakit kepala yang hebat. Jika tidak segera diobati ibu hamil bisa mengalami kebutaan yang permanen. Usahakan untuk benar-benar mengatur waktu tidur anda, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semakin banyaknya cairan ketuban
Cairan ketuban dalam Rahim ibu hamil akan normal jika digunakan untuk beraktivitas. Jika digunakan untuk tidur pagi hari, cairan ketuban akan mengalami penumpukan dan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi janin, yaitu letak janin berubah-ubah dan ibu hamil akan susah untuk melahirkan secara normal jika posisi janin berubah-ubah seperti itu, tidak di tempat yang benar.

Sel darah putih meningkat
Gangguan metabolism tubuh juga mempengaruhi produktifitas sel darah putih. Jika system metabolism tubuh terganggu dan meningkat, maka produktifitas sel darah putih juga meningkat. Hal ini menyebabkan ibu hamil dan bayinya rentan terkena penyakit kanker darah. 

Gangguan ini bisa terjadi pada ibu hamil yang tidur antara jam 6 pagi sampai 12 siang. Kurangi jatah waktu tidur anda pada waktu yang tidak berkualitas dan lakukan aktivitas-aktivitas ringan yang tidak akan mengganggu kesehatan anda dan janin.

Gangguan jantung
Suatu penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur 9 jam di pagi hari akan membuat orang tersebut 38% lebih rentan terkena gangguan jantung. Pada orang normal saja berbahaya, apalagi bagi ibu hamil. 

Jangan biasakan untuk tidur di pagi hari, kalau anda malas bangun jam 4 atau jam 5 pagi. Anda bisa bangun jam 6 pagi kemudian jalan-jalan ringan di sekitar rumah agar tubuh anda menjadi lebih sehat dan anda tidak malas lagi untuk bergerak-gerak. 

Atur waktu tidur dan pola makan, saat hamil waktu tidur dan pola makan memerlukan perhatian yang lebih besar. Istirahatlah sesekali saat beraktivitas, tapi tidak dengan tidur pagi.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah Tidur Pagi Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

0 komentar: