Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas

loading...
Saat hamil ibu hamil harus banyak makan makanan yang bergizi kaya akan zzat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya nasi dan lauknya. Ibu hamil juga harus rajin mengonsumsi buah dengan kadar yang cukup agar janin yang ada dlam kandungan cukup mendaapatkan vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah tersebut. 

Banyak sekali macam-macam buah yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti jeruk, apel, pisang, pir, dan buah-buahan lain. Namun, tidak sedikit juga ibu hamil yang sangat gemar pada buah nanas, dan merasa tidak akan terjadi apa-apa meskipun tetap mengonsumsi nanas. 

Benarkah demikian?

Baca Juga : Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Jamu

Buah nanas adalah buah yang berasal dari brazil yang mengandung vitamin A dan vitamin C, magnesium, fosfor, kalsium, dekstrosa, juga enzim bromelain yang berkhasiat mencerna makanan di lambung dan mencegah adanya sel kanker. Dalam buah nanas juga terdapat serat yang cukup banyak yang dapat melancarkan buang air besar. Hal-hal yang bisa diakibatkan nanas ketika dikonsumsi oleh ibu hamil :


Keguguran
Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga akan membahayakan apabila dikonsumsi secara berlebihan . anda boleh tetap memakan buah nanas, jika memang anda suka, tetapi jauhi nanas yang masih muda dengan kulit yang berwarna hijau, dan jangan terlalu banyak. 

Mengganggu kesehatan janin
Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat sakit maag dan gastritis lebih baik tidak mengonsumsi buah dengan rasa sedikit masa mini agar tidak membahayakan kondisi ibu dan janin yang sedang di kandung. Meskipun buah ini kaya akan kandungan vitamin C tetapi anda harus benar-benar selektif dalam memilih buah yang cocok untuk tetap dikonsumsi selama masa kehamilan.

Menyebabkan diare
Jika anda mengonsumsi nanas dalam jumlah yang besar maka mungkin saja anda akan menderita sakit diare. Kandungan bromelain memang membantu untuk melancarkan sembelit, tetapi jika terlalu banyak akan membuat anda terkena sakit diare. Dan karena efeknya juga yang dapat melemahkan leher rahim anda juga bisa saja melahirkan secara prematur karena terlalu banyak mengonsumsi nanas.

Meningkatkan kadar gula darah
Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat kelainan diabetes gestasional atau diabetes yang diderita selama kehamilan dianjurkan untuk menjauhi buah nanas, karena buah nanas mengandung gula alami yang bisa memicu kenaikan gula darah. 

Jika ibu hamil, tetap memilih untuk mengonsumsi buah nanas, maka jangan kaget apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti keguguran atau kelahiran bayi sebelum waktunya (prematur)

Mendorong kelahiran prematur
Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat melemahkan leher rahim dan mengakibatkan kontraksi dan kelahiran sebelum waktunya. Tapi hal ini baru bisa terjadi jika ibu hamil mengonsumsi minimal 6 buah nanas dalam sehari. Tapi karena tingkat kekuatan leher rahim tiap ibu hamil berbeda-beda, alangkah baiknya kalau tetap menjaga kadar konsumsi buah nanas, meskipun tidak sampai 6 buah dalam sehari.

Itulah tadi hal-hal yang bisa diakibatkan dari konsumsi nanas yang berlebihan. Ibu hamil tetap bisa mengonsumsi nanas, dengan kadar sedikit agar tidak berbahaya. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi nanas saat sudah memasuki trimester kedua dan ketiga untuk menghindari resiko melahirkan secara prematur. 

Jika ibu hamil ngidam dan ingin sekali makan buah nanas saat perut sudah membesar anda bisa menggantinya dengan jus nanas dalam kemasan, karena biasanya kandungan bromelainnya lebih sedikit daripada buah nanas segar.

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas"

loading...