Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Potong Rambut?

loading...
Ibu hamil zaman dahulu mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh ini itu. Salah satunya adalah tidak boleh memotong rambut. Padahal saat hamil hormon estrogen ibu hamil meningkat, sehingga badan menjadi cepet berubah suhu. Ibu hamil memang menjadi mudah lelah, menjadi mudah berkeringat dan kepanasan. 

Pasti sangat risih kalau mempunyai rambut panjang yang mengganggu. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali ibu hamil yang nekat potong rambut meskipun dilarang oleh ibu atau ibu mertua nya. Kita akan membahas mengapa potong rambut saat hamil tidak diperbolehkan.

Orang dulu mengatakan kalau potong rambut saat hamil adalah pamali atau tidak boleh . apabila dilanggar dampaknya akan dirasakan setelah melahirkan. Dalam dunia medis, dokter tidak menemukan bahaya pada saat wanita hamil memotong rambutnya, sehingga tidak masalah bagi ibu hamil untuk memotong rambutnya. 

ibu hamil potong rambut

Asalkan itu demi kenyamanan ibu hamil. Misalkan, karena terlalu panjang nya rambut, sehingga ibu hamil selalu merasa gerah dan tidak nyaman setiap malam sehingga tidak bisa tidur. Maka dianjurkan bagi ibu hamil ini untuk segera memotong rambutnya, agar ibu hamil bisa tidur nyenyak di waktu yang berkualitas tidak terganggu oleh hal sepele seperti rambut. 

Potong rambut tidak apa-apa kalau memang diperlukan. Yang tidak diperbolehkan adalah pemakaian bahan kimia yang dipergunakan pada saat memotong rambut. Saat hamil, hindari konsumsi obat-obatan kimia yang akan mengganggu perkembangan janin anda. 

Hindari kegiatan salon yang berupa mengecat rambut, smoothing, rebonding, dan lain-lainnya, karena proses kegiatan tersebut menggunakan bahan kimia yang berbahaya yang akan meresap melalui pori-pori kulit kepala. Anda juga perlu memperhatikan jenis shampoo yang cocok. Yang biasanya anda pakai. Dan usahakan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia yang berbahaya bagi janin. 

Selanjutnya, yang perlu anda perhatikan saat hamil ketika anda ingin mencuci rambut di salon adalah keramaian dari salon yang akan anda datangi. Hindari salon yang terlalu ramai. Semakin ramai pengunjung salon, semakin besar kemungkinan anda tertular virus bakteri dan kuman yang dibawa oleh orang lain. Bahkan, pada zaman modern seperti ini tidak sedikit orang yang mempunyai kutu rambut dan bisa menular kemana saja.

Potong rambut saat hamil dalam pandangan islam adalah sah-sah saja dan tidak dilarang sama sekali jika itu memang demi kenyamanan ibu hamil. Yang tidak boleh adalah pemakaian obat kimia berbahaya yang biasanya digunakan untuk memotong rambut. Potong rambut saat hamil diperbolehkan karena tidak ada dalil dalam Al-Qur’an atau Hadits yang melarang pemotongan rambut pada ibu hamil.

Sekarang ini, sudah banyak ibu-ibu hamil yang beerfikiran logis dan modern tidak terpaku pada hal-hal yang tabu yang menurut mereka tidak masuk akal. Mulai sekarang jangan takut lagi untuk memotong rambut jika itu demi kebaikan dan kenyamanan ibu hamil. 

Semakin nyaman ibu hamil, maka pasti janin yang dikandung juga semakin sehat. Waktu beraktivitas dan olahraga kecil tidak terganggu, waktu tidur tidak terganggu, dan waktu makan tidak terganggu. Untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan kepada dokter kandungan anda. 

Kira-kira jenis-jenis bahan kimia apa saja yang tidak diperbolehkan digunakan pada saat kehamilan. Serta tanyakan juga, apa saja yang bisa anda gunakan untuk mengganti kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa membahayakan keselamatan janin anda. Semoga bermanfaat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Potong Rambut?"

loading...